Thursday 24 October 2013

Penjelasan Contoh Program Sederhana POST 2

import java.util.*;
import java.io.*;
dimana package tersebut di import dari package – package yang sudah ada pada Java.


class masukkan {
Class adalah sebuah konsep OOP yang digunakan untuk mencapsulasi / membungkus data dan abstraksi prosedural yang. Kelas juga merupakan deskripsi tergeneralisir (misal templet, pola, cetak biru) yang menggambarkan kumpulan objek yang sama. Oleh karena itu penamaan sebuah kelas pada java haruslah sama dengan nama file .java nya.


 public static void main(String[] args) {
Dalam pemrograman java, perlu adanya baris program utama yang akan dijalankan pertama kali oleh java atau dibaca pertama kali oleh java, sehingga dibutuhkan void main didalamnya. Lalu karena pada proses compile diuliskan argumen setelah command compile, maka disini harus dideklarasikan argumen tersebut dengan tipe data String array.

 String nama;
 String kelas;
 String jurusan;
String npm;
Pada program input data sederhana ini, dibutuhkan 3 buah variabel yang harus di deklarasikan terlebih dahulu. Karena nama dan kelas terdapat huruf dan numerik maka dideklarasikan sebagai tipe data string, begitu pula dengan npm, karena kebanyakan npm bukan berupa numerik saja, jadi semua dideklarasikan sebagai tipe data string.

 Scanner inpt = new Scanner(System.in);
Proses input harus di deklarasikan, dimana syntax diatas membuat sebuah variabel dengan nama inpt sebagai scanner, bisa dilihat diatas tertulis jelas adanya System.in yang berarti program tersebut membaca sebuah inputan.






System.out.print("Masukan Nama               :");
nama = inpt.nextLine();
System.out.print("Masukan Kelas                 :");
kelas = inpt.nextLine();
System.out.print("Masukan Jurusan                        :");
jurusan = inpt.nextLine();
System.out.print("Masukan NPM                 :");
npm = inpt.nextLine();
Untuk memperindah program yang dibuat, biasanya ada sebuah pertanyaan sebelum adanya inputan, maka dari itu disini dibuatlah sebuah tampilan output pada layar dengan syntax System.out.print yang berfungsi sebagai perintah pada java untuk menampilkan kata atau mencetak kalimat yang kita masukkan didalamnya.
Biasanya setelah pertanyaan pasti ada jawaban (yang berupa inputan pada program) dibutuhkan proses input, dengan variabel yang sudah dibuat lalu dengan bantuan variabel scanner maka proses input akan di simpan kedalam variabel yang sudah dibuat sebelumnya.

 System.out.println("Nama Lengkap      :    "  + nama);
System.out.println("Kelas             :    "  + kelas);
System.out.println("Jurusan           :    "  + jurusan);
System.out.println("Npm               :    "  + npm);
 }
}
Setelah semuanya sudah dibuat dan untuk menampilkan hasil inputan kedalam satu kalimat yang nantinya akan ditampilkan pada layar, maka dibutuhkan lagi System.out.print untuk menampilkannya.

0 comments:

Post a Comment