Monday 23 March 2015

Pengertian Web dan Jaringan Internet

Pengantar Web science


Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh. Pada kali ini saya memposting tentang pengertian web dan jaringan internet. Semoga postingan kali ini bermanfaat bagi kita semua. Selamat Membaca!   

PENGERTIAN WEB

WEB adalah salah satu layanan yang didapat oleh pemakai computer yang terhubung ke internet. Web ini menyediakan informasi bagi pemakai computer yang terhubung ke internet dari sekedar informasi “sampah” atau informasi yang tidak berguna sama sekali sampai informasi yang serius; dari informasi yang gratisan sampai informasi yang komersial. Website atau situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).

CARA KERJA WEB

Adapun cara kerja web adalah sebagai berikut:
a.      Informasi web disimpan dalam dokumen dalam bentuk halaman-halaman we atau web page. 
b.     Halaman web tersebut disimpan dalam computer server web. 
c.   Sementara dipihak pemakai ada computer yang bertindak sebagai computer client dimana ditempatkan program untuk  membaca halaman web yang ada di server web (browser).
d.     Browser membaca halaman web yang ada di server web.

PENGERTIAN INTERNET

Istilah Internet merupakan kependekan dari Interconnected Networking. Secara umum, internet merupakan jaringan komputer global yang menghubungkan jutaan komputer di seluruh dunia. 

JENIS - JENIS JARINGAN


1. Local Area Network (LAN)
    Sebuah LAN adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan, seperti sebuah kantor pada sebuah gedung, atau tiap-tiap ruangan pada sebuah sekolah. Biasanya jarak antarnode tidak lebih jauh dari sekitar 200 m.



2. Metropolitan Area Network (MAN)
    Sebuah MAN biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antargedung dalam daerah (wilayah seperti provinsi atau negara bagian). Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar. Sebagai contoh, jaringan beberapa kantor cabang sebuah bank di dalam sebuah kota besar yang dihubungkan antara satu dengan lainnya.


3. Wide Area Network (WAN)
     WAN adalah jaringan yang biasanya sudah menggunakan media wireless, sarana satelit, ataupun kabel serat optic, karena jangkauannya yang lebih luas, bukan hanya meliputi satu kota atau antar kota, tetapi menjangkau area/wilayah otoritas negara lain.


KAMUS ISTILAH PADA INTERNET

Internet
   Jaringan komputer dunia yang menghubungkan jaringan - jaringan komputer regional di seluruh dunia.

Internet Address
   Sebuah alamat 32-Bit yang digunakan untuk mengenali hosts dan network di Internet.

Internet Bulletin
   Media yang hanya bisa dibaca di Internet yang merupakan majalah online yang mengupas seputar Internet. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia. Internet Bullertin ini diterbitkan oleh Indoweb yaitu sebuah perusahaan perancang Web.

Internet In A Box
   Suatu Internet starter kit yang berisi semua perangkat lunak yang diperlukan untuk mengakses dan mengarungi Internet dan World Wide Web. Internet In A Box ini buatan Spry.

Internet Phone
   Sebuah software internet dari VocalTec yang melalui network dari server memungkinkan Anda menelpon user - user lain. Internet Phone ini mempunyai tombol - tombol Dial-Cepat untuk memanggil nomor-nomor telepon.

Internet Service Provider
   Suatu organisasi atau perusahaan yang memberikan jasa hubungan ke internet bagi para pengguna komputer. Pada umumnya dengan menarik biaya tertentu.

Internet Yellow Pages
   Sebuah buku yang berisi direktori dari sumber-sumber Internet yang terbentuk dalam format database oleh sebuah lembga non-profit untuk memanfaatkan komunikasi jaringan di Internet.

Intranet
   Pemanfaatan Internet untuk kepentingan intern suatu organisasi atau perusahaan.

IP Address
   Kombinasi angka unik yang ditetapkan untuk mengidentifikasikan suatu host di internet. Angka ini dibutuhkan oleh software - software internet untuk mengakses informasi dari dan ke host tersebut. IP Address terdiri dari 4 kombinasi angka, seperti misalnya : 127.58.107.230 .

Sumber Referensi :
Buku        :
Syafrizal, Melwin. 2005. Pengantar Jaringan Komputer. Yogyakarta : Penerbit ANDI.
Rasul, Jurahis. 2008. Teknologi Informasi dan Komunikasi 2. Jakarta : Quadra.
Tim penelitian dan pengembangan Wahana Komputer. 1997. Kamus Istilah Komputer. Yogyakarta : Penerbit ANDI.

Web/Blog :
Raghib, Nuruddin. (2013). Pengertian WEB [Online]. Tersedia : pengertian WEB. [23 Maret 2015 pukul 20.50]

Gambar    :
www.rentittoday.com



0 comments:

Post a Comment